Welcome To My Blog

Selamat datang di blogku yg sederhana...

Blog ini masih dalam tahap pembangunan..

Maka dari itu kami sangat membutuhkan kritik & saran anda..

.....
...
Dan ingat jangan sia-siakan waktu anda..
Karena......

Waktu Adalah Uang

Dan

Waktu Adalah Pedang


Ada kesalahan di dalam gadget ini

Weather

Weather
A Cloud

Masalah

Jika anda memiliki masalah tentang blog ini..

Tanyakan di Tanya Jawab maka masalah anda akan teratasi..




Dan kami mohon saran dan kritiknya untuk kemajuan blog kami..

" Live Is Studying "

Rabu, 12 Oktober 2011

lingkungan hidup





KATA PENGANTAR

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين . الرحمن الرحيم . مالك يوم الدين . لا شريك له . والصلاة والسلام على اشرف الانبياء والمرسلين وعلى اله واصحابه اجمعين . اما بعد

Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan saya kesehatan jasmani dan rohani sehingga saya dapat menyusun kliping ini. Shalawat bernadakan salam semoga tercurahkan kepada Nabi kita Nabi Muhammad SAW., keluarga serta sahabat beliau sekalian.

Dalam penulisan kliping yang berjudul “LINGKUNGAN HIDUP” ini penulis menyadari bahwa kliping ini masih sangat jauh dari kata-kata sempurna. Hal ini disebabkan karena terbatasnya kemampuan penulis. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran agar kliping ini dapat sempurna.

Terima kasih saya ucapkan kepada Guru Bidang Studi IPS yang telah membimbing saya dalam menyelesaikan kliping ini dengan baik.

Harapan saya semoga makalah ini dapat memberi manfaat terutama kepada diri saya sendiri serta teman-teman saya semua. Amiin ya Rabbal ‘Alamin


Wassalam
Geudong, 10 Desember  2010. 
Penulis                                               




 BAB 1 LINGKUNGAN HIDUP


A. Pengertian Lingkungan Hidup

 Hamparan laut yang luas, daratan, bukit-bukit, pegunungan, langit yang biru yang disinari matahari, semuanya merupakan lingkungan alam. Manusia  juga merupakan bagian dari alam tersebut. Lingkungan alam merupakan salah satu bagian dari lingkungan hidup. Lingkungan hidup mencakup lingkungan alam yang meliputi lingkungan fisik, biologi, dan budaya. Karena itu, pengertian lingkungan hidup lebih luas dari pengertian lingkungan alam.
            Pengertian lingkungan hidup yang dikemukakan oleh beberapa ahli pada umumnya terdapat kesamaan antara satu dengan yang lainnya.
Lingkungan hidup mencakup segi lingkungan fisik dan lingkungan budaya. Undang-Undang Lingkungan Hidup No. 4 tahun 1982 yang disempurnakan dengan Undang-Undang Lingkungan Hidup No. 4 tahun 1997 pasal 1 menyebut pengertian sebagai berikut.
“Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.”
            Lingkungan hidup sebagaimana yang dimaksud dalam undang-undang tersebut merupakan suatu sistem yang meliputi lingkungan alam  hayati, lingkungan nonhayati, lingkungan buatan, dan lingkungan sosial. Semua komponen tersebut memiliki pengaruh terhadap kelangsungan kehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya. Semua komponen-komponen lingkungan hidup serta benda, daya, keadaan, dan komponen itu disebut ruang. Dengan demikian, di mana ada komponen-komponen lingkungan hidup maka di situ terdapat ruang.


B. Unsur-Unsur Lingkungan Hidup
1. Unsur Fisik
            Unsur fisik yaitu segala sesuatu yang terdapat di sekitar kita yang berwujud benda-benda mati seperti tanah, air, udara, gunung, merupakan unsur-unsur fisik bagian dari alam (bukan ciptaan manusia), sering disebut unsur-unsur abiotik.
            Unsur-unsur fisik memegang peran penting dalam memberi dan melestarikan kehidupan di bumi. Tanpa unsur-unsur fisik kehidupan di bumi tidak akan pernah ada.

2. Unsur Biologis
            Unsur biologis yaitu segala sesuatu yang terdapat di sekitar kita yang merupakan makhluk hidup (organisme), seperti binatang dan tumbuh-tumbuhan mulai dari yang terkecil sampai yang terbesar. Unsur biotik tersebar di daratan. Ada yang berada di dalam tanah seperti bakteri-bakteri, cacing, dan makhluk lainnya. Sebagian besar berada di permukaan daratan hampir sebagian besar permukaan daratan. Demikian pula dengan unsur-unsur biotik yang ada di dalam perairan.
            Kelangsungan dan kesejahteraan hidup manusia tidak dapat dilepaskan dari unsur-unsur biotik. Jika terjadi gangguan pada unsur-unsur biotik tersebut, maka akan berdampak pula terhadap kehidupan manusia.


3. Unsur-unsur Budaya
          Unsur-unsur budaya adalah segala sesuatu yang berasal dari hasil pemikiran dan akal budi manusia. Unsur-unsur budaya termasuk di dalamnya semua ciptaan manusia seperti gedung-gedung, jalan, kendaraan bermotor, industri, dan lain-lain yang disebut dengan unsur binaan, dan kebiasaan serta adat istiadat yang dianut oleh masyarakat yang merupakan unsur-unsur sosial.  Peran unsur budaya dalam lingkungan alam sangat dominan karena unsur budaya dapat memperbaiki ataupun merusak lingkungan alam.


































         
         
           




           



1 komentar:

Anonim mengatakan...

Thanks You....

Ada kesalahan di dalam gadget ini